| Home | News | Download | Knowledge Center | Related Links |

 

Perangkat Perekaman Diphone

oleh : Arry Akhmad Arman
Ditulis berdasarkan pengalaman praktis
dalam mengembangkan Diphone Database Bahasa Indonesia

 

Konfigurasi Ideal

  1. Gunakan microphone kualitas tinggi yang dirancang khusus untuk ucapan, yaitu microphone yang response frekuensinya tidak terlalu lebar dan ada di daerah jangkauan frekuensi suara manusia. Microphone jenis ini akan menekan suara-suara lain yang ada di luar daerah jangkauan suara manusia.
  2. Gunakan alat perekam digital yang mempunyai : (1) saluran input microphone kualitas tinggi, (2) saluran digital yang memungkinkan transfer data secara digital ke PC. Contoh alat perekam yang memenuhi kriteria ini adalah SONY DAT (Digital Audio Tape).
  3. Gunakan sound card khusus pada PC yang dilengkapi dengan saluran optik digital.
  4. Perekaman dilakukan tanpa PC atau laptop, sehingga akan mengurangi tingkat kebisingan akibat kipas pendingin komputer. Setelah perekaman selesai dilakukan, lakukan transfer data secara digital (optik) ke PC melalui soundcard khusus yang telah disiapkan.

Contoh DAT SONY yang dilengkapi Input Mic khusus untuk Speech
Output berupa Line Out Audio dan Digital Optic

 

Konfigurasi Tidak Ideal yang Masih Dapat Diterima

Konfigurasi ideal yang dikemukakan di atas dapat memberikan hasil yang memuaskan, tetapi tidak praktis dan menyita waktu dalam pengerjaannya, karena suara direkam dan kemudian di transfer ke komputer secara terpisah. Berdasarkan pengalaman saya membangun diphone database Bahasa Indonesia yang pertama, konfigurasi berikut masih dapat memberikan hasil yang baik.

  1. Gunakan microphone kualitas tinggi.
  2. Gunakan pre-amplifier external yang low-noise dan dapat diatur level input dan outputnya. Hubungkan microphone ke saluran input pre-amplifier.
  3. Gunakan laptop (notebook) yang berukuran kecil, sehingga suara kipas yang dihasilkannya tidak terlalu bising. Biasanya notebook tipis Pentium III tidak menghasilkan suara kipas yang terlalu bising.
  4. Hubungkan output pre-amplifier ke notebook melalui jalur audio menggunakan kabel audio yang kualitasnya baik.
  5. Aturlah level input dan output pre-amplifier serta level input perekaman pada notebook, sehingga menghasilkan suara yang bersih, noise rendah, levelnya cukup besar, tapi tidak pernah mencapai level maksimum.
  6. Mulai melakukan perekaman.

Contoh Pre-Amplifier Very Low Noise menggunakan Teknologi Tabung

 

Hal-hal yang Tidak Dianjurkan

  1. Jika anda menggunakan perekaman langsung ke komputer, jangan membawa PC ke dalam ruang rekaman. Kipas pendingin PC menghasilkan noise yang cukup tinggi yang dapat mengganggu kualitas rekaman.
  2. Jangan menggunakan microphone yang dihubungkan langsung ke saluran "mic" pada PC atau laptop. Pre-amp (penguat microphone) pada PC atau laptop kualitasnya terlalu rendah untuk tujuan perekaman diphone database.

 

This page has been accessed times